Tentang Premi Asuransi Jiwa Seumur Hidup Yang Harus Diketahui
premi asuransi jiwa

Kematian bisa terjadi pada siapa saja tanpa pandang usia, itulah mengapa selagi masih hidup dan produktif pastikan sudah mempersiapkan proteksi terbaik, sehingga ketika sudah meninggal nantinya juga tidak terlalu menyakiti keuangan keluarga yang ditinggalkan, salah satu caranya adalah dengan mulai membeli produk asuransi jiwa. Jika Anda beranggapan bahwa premi asuransi jiwa mahal sehingga belum siap secara keuangan nyatanya tidak, sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan premi fleksibel.

Asuransi jiwa sendiri hadir dengan banyak pilihan jenis, mulai dari jika dilihat manfaatnya ada produk asuransi jiwa murni, dwiguna serta unit link. Sedangkan jika berbicara mengenai jangka waktu proteksinya terbagi atas 2 macam, yaitu asuransi jiwa berjangka serta seumur hidup. Di Indonesia produk asuransi jiwa seumur hidup dengan proteksi murni ini lebih diminati, apalagi memberikan jaminan perlindungan hingga usia 100 tahun, ada banyak diantara perusahaan yang menerbitkan produknya.

Jika Anda sudah memasuki usia 40 tahun ke atas, lebih disarankan memilih produk asuransi jiwa seumur hidup, apalagi jika seandainya peran dalam keluarga atau rumah tangga juga penting, seperti diantaranya adalah sebagai pencari nafkah, pastinya ada banyak anggota keluarga lain yang menjadi tanggungan hidupnya pada sosok tulang punggung keluarga ini bukan, sehingga penting untuk memproteksi hidup. Adapun juga beberapa hal terkait dengan premi asuransi jiwa seumur hidup yang penting untuk diketahui, yaitu:

  • Harga premi relatif lebih mahal dibandingkan dengan asuransi jiwa berjangka, faktanya karena jangka waktu proteksi panjang, yaitu sampai dengan 100 tahun, maka wajar jika seandainya nilai premi yang harus dibayarkan dari jenis asuransi yang satu ini juga lebih mahal, karena dapat memberikan proteksi atau perlindungan lebih lama, dibandingkan dengan asuransi jiwa berjangka.
  • Premi tetap, tidak perlu khawatir dengan resiko sewaktu-waktu nantinya harga premi akan meningkat atau menjadi lebih mahal, tidak sesuai dengan perjanjian di awal. Apalagi sekarang ada banyak praktik semacam ini yang diterapkan oleh perusahaan asuransi di Indonesia, sehingga membuat nasabah kelabakan hingga bahkan gagal melakukan kewajiban bayar premi. Khusus untuk jenis asuransi jiwa seumur hidup nilai premi yang dibebankan relatif tetap atau sama, mulai dari awal beli hingga akhir kontrak. Itulah mengapa semakin muda membeli semakin murah premi yang didapatkan, jadi lebih untung.
  • Tidak ada istilah premi hangus, berbeda halnya dengan asuransi jiwa berjangka, yaitu perusahaan asuransi hanya akan melindungi selama jangka waktu tertentu sesuai dengan kontrak. Lalu jika seandainya nasabah ini meninggal dunia saat kontrak perjanjian sudah habis, otomatis tidak punya hak untuk mengajukan klaim manfaat dari asuransi tersebut. Karena premi ini secara otomatis hangus diambil oleh perusahaan penerbit asuransi. Itulah mengapa untuk tujuan proteksi maka sebaiknya pilih yang seumur hidup saja, karena relatif lebih aman.
  • Premi tidak dapat dikembalikan, dalam produk asuransi jiwa seumur hidup ini sesuai dengan kontrak di awal, yaitu ada atau tidaknya klaim yang dilakukan oleh nasabah asuransi, maka premi yang sudah masuk atau dibayarkan kepada perusahaan tidak dapat dikembalikan. Jadi tidak bisa seenaknya di tengah jalan karena sudah lelah bayar Anda ingin keluar dan meminta uang premi dikembalikan, hal ini tidak berlaku.
  • Premi dapat dibayarkan secara lebih fleksibel, fakta lainnya adalah jangka waktu atau durasi pembayaran asuransi ini bisa dilakukan secara lebih fleksibel, diantaranya adalah bisa dipilih tahunan, semesteran, bulanan serta yang lainnya, disesuaikan saja dengan kesepakatan dengan perusahaan asuransi serta kondisi keuangan nasabah, sehingga tidak terasa terlalu membebani secara financial.

Cari premi asuransi jiwa yang terjangkau dan pastinya memberikan manfaat optimal dalam hidup Anda, maka jawabannya hanya ada pada I Love Life dari Astra. Tentunya Anda sendiri juga sudah tidak asing dengan nama yang satu ini bukan, salah satu perusahaan asuransi asli Indonesia yang sudah hadir sejak belasan tahun lalu. Layanannya semakin kekinian, termasuk dengan kehadiran produk asuransi digital, asuransi jiwa sendiri juga ada yang berbasis digital dari I Love Life.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *