Inilah 5 Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat

Bagi mereka yang berperan sebagai tulang punggung dalam keluarga, tentunya sumber kehidupan setiap anggota keluarga tergantung pada hasil kerja kerasnya. Jika sesuatu hal buruk terjadi pada tulang punggung keluarga, bisa dibayangkan bagaimana dampak yang akan ditimbulkan bagi anggota keluarganya dari segi finansial. Karena alasan inilah, maka bagi mereka yang merupakan tulang punggung keluarga sangat disarankan untuk memiliki asuransi jiwa. Sehingga dirinya sendiri dan keluarga tercinta mendapatkan proteksi ketika mengalami musibah tidak terduga, seperti sakit atau bahkan meninggal dunia.

Saat ini banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa. Sehingga bukan hal yang sulit untuk mendapatkan asuransi untuk kebutuhan proteksi Anda dan keluarga. Namun mengingat asuransi bersifat mengikat atau kontrak untuk beberapa waktu ke depan, sebaiknya lakukan pertimbangan yang matang. Jangan sampai Anda memperoleh produk asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan, atau yang paling parah tidak bisa diklaim ketika dibutuhkan. Maka dari itu, berikut ini ada sedikit tips untuk memilih asuransi jiwa dengan tepat, yaitu:

  1. Pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Asuransi jiwa ada banyak sekali jenisnya, mulai dari asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa dwiguna, dll.
  2. Sesuaikan dengan anggaran.
    Setelah membeli asuransi, nantinya Anda memiliki kewajiban untuk membayar premi secara rutin. Maka dari itu penting agar memastikan Anda memiliki anggaran yang cukup atau sesuai untuk membayar premi asuransi. Sehingga polis bisa terus aktif dan mendapatkan manfaatnya.
  3. Ketahui track record perusahaan asuransi yang bersangkutan.
    Agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, cari tahu bagaimana kredibilitas perusahaan asuransi yang bersangkutan. Caranya dengan melihat dari pelayanannya, apakah sudah terdaftar di OJK ataukah belum, bagaimana RBC (Risk BasedCapital) yang dimiliki, dll.
  4. Pertimbangkan bagaimana pelayanan pihak asuransi dalam menangani permasalahan nasabahnya.
    Sebaiknya pilihan asuransi yang mampu memberikan pelayanan terbaik, seperti layanan customer service 24 jam, pelayanan yang ramah dan menyenangkan kepada nasabh, dll.
  5. Daftar segera selagi sehat.
    Mendaftar selagi sehat akan lebih mudah untuk disetujui saat mengajukan pembelian asuransi.

Dengan mengikuti berbagai tips di atas, diharapkan Anda nantinya bisa memperoleh produk asuransi jiwa yang tepat dan sesuai kebutuhan. Astra I Love Life merupakan salah satu perusahaan asuransi yang juga menawarkan produk asuransi jiwa lewat Flexi Life. Sesuai dengan namanya, produknya ini sangat fleksibel dalam penentuan premi dan besaran uang pertanggungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *