Tips Agar Klaim Asuransi Kesehatan Anda Bisa Cepat Disetujui

Kondisi sakit adalah sesuatu yang tidak diharapkan namun bisa menimpa siapa saja. Saat kita sakit, tak jarang kita harus mengeluarkan dana tidak terduga agar bisa mendapatkan kesembuhan. Entah itu untuk biaya membeli obat atau biaya perawatan di rumah sakit. Untuk mengantisipasi resiko finansial akibat sakit inilah, maka penting sekali memiliki asuransi di zaman sekarang. Namun terkadang banyak orang yang masih enggan untuk memiliki asuransi kesehatan meskipun sangat penting. Alasannya karena proses klaim atau reimburse yang terbilang sulit.

Sebenarnya asalkan teliti saat membeli polis asuransi, tidak akan terjadi kemungkinan sulit untuk klaim asuransi. Karena di dalam polis asuransi tersebut sudah tercantum semua ketentuan, termasuk untuk ketentuan klaim. Sehingga agar bisa menikmati manfaat asuransi kesehatan lewat klaimnya itu, Anda perlu memperhatikan isi polis dengan seksama. Jika sudah mendapatkan produk asuransi kesehatan yang tepat, maka nantinya agar klaim cepat disetujui lakukan berbagai tips berikut ini:

  1. Pahami detail polis.
    Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan tersendiri terkait waktu klaim, pengecualian, dan syarat pengajuan klaim. Oleh karena itu, sebagai konsumen wajib untuk mengetahui manfaat, jangka waktu pertanggungan, serta pengecualian dari produk asuransi yang dibeli.
  2. Penuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
    Pastikan bahwa Anda sudah memenuhi setiap syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak asuransi. Dengan demikian pengajuan klaim Anda bisa segera diproses. Isi formulir pengajuan klaim dengan lengkap dan benar karena hal ini menentukan klaim asuransi bisa disetujui.
  3. Pastikan polis asuransi dalam kondisi aktif.
    Pastikan polis dalam kondisi aktif sebelum mengajukan klaim. Polis yang aktif menandakan jika konsumen sudah membayar kewajiban untuk membayar premi setiap bulannya. Sehingga kemungkinan klaim disetujui juga semakin besar.
  4. Tidak berobat ke luar negeri.
    Perusahaan asuransi biasanya memiliki ketentuan untuk jenis penyakit yang bisa dicover dan juga rumah sakit mana saja yang sudah bekerjasama dengan pihak asuransi. Sehingga ketika Anda berobat ke luar negeri atau berada di luar wilayah jangkauan asuransi, maka ketika melakukan klaim akan berpotensi ditolak.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan agar klaim asuransi bisa disetujui dan berjalan lancar. Bagi Anda yang sedang mencari produk asuransi yang menguntungkan dengan proses klaim yang mudah, maka Astra I Love Life bisa menjadi pilihan terbaik. Selain Anda bisa menentukan besaran premi dan uang pertanggungan secara mandiri, juga karena proses klaim yang bisa dilakukan secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *