Pertimbangan Mempersiapkan Dokumen untuk Mengajukan Klaim Asuransi

Ketika akan mengajukan klaim asuransi ada banyak hal yang Anda harus perhatikan sehingga nantinya klaim tersebut dapat untuk berjalan lancar. Selain dari kemudahan pengajuan klaim, hal lain yang perlu diperhatikan adalah agar klaim yang Anda ajukan dapat diterima oleh pihak asuransi. Dimana cara untuk membuat klaim Anda diterima sendiri sangat mudah yaitu dapat untuk memperhatikan waktu pengajuan klaim, mempersiapkan dokumen yang lengkap, dan juga memastikan polis sedang aktif. Salah satu masalah yang membuat banyak klaim ditolak adalah karena tidak mempersiapkan dokumen dengan lengkap sehingga hal tersebut membuat pihak asuransi menolak klaim yang diajukan. Oleh karena itulah Anda perlu untuk mempersiapkan dokumen klaim asuransi dengan lengkap seperti berikut ini:

  1. Formulir pengajuan klaim
    Jenis dokumen pertama yang diperlukan ketika mengajukan klaim adalah formulir pengajuan klaim. Dokumen ini merupakan jenis yang paling dibutuhkan untuk berbagai jenis klaim asuransi yang akan dilakukan. Oleh karena itulah pastikan Anda sudah menyertakan formulir pengajuan klaim yang sudah diisi dengan tepat dan jujur. Adapun tempat untuk mendapatkan formulir ini sendiri juga sangat mudah yaitu di situs asuransi yang bersangkutan. Seperti misalnya di I Love Life Astra yang bisa mendapatkan formulir pengajuan klaim asuransi jiwa, kesehatan kritis, hingga asuransi olahraga yang dipunyai.
  2. Dokumen pelengkap
    Jenis dokumen selanjutnya yang Anda butuhkan adalah dokumen pelengkap untuk mengajukan klaim asuransi. Dokumen pelengkap ini sendiri bisa dilengkapi sesuai dengan jenis klaim asuransi yang akan diajukan. Misalnya untuk klaim asuransi iSport I Love Life dari Astra bisa memenuhi dokumen pelengkap sesuai dengan klaim untuk fisioterapi atau klaim meninggal dunia.
  3. Bukti medis
    Jenis klaim terakhir yang bisa digunakan adalah bukti medis. Jenis dokumen ini sendiri penting untuk dipunyai karena dapat memberikan bukti dari klaim yang Anda ajukan dimana pada umumnya adalah untuk klaim asuransi jiwa dan juga klaim asuransi kesehatan. Bukti medis ini juga tergantung dari jenis klaim asuransi yang akan diajukan dan manfaat yang diinginkan untuk mendapatkan uang pertanggungan dari produk asuransi yang Anda punyai.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *