3 Alasan Mengapa Klaim Asuransi Ditolak

Ketika akan mendapatkan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh asuransi, maka hal yang Anda harus lakukan adalah dengan mengajukan klaim. Mengajukan klaim sendiri dapat dilakukan dengan cara yang lama yaitu dengan datang langsung dan menyerahkan persyaratan klaim ke kantor asuransi. Akan tetapi sekarang ini Anda bisa untuk mengajukan klaim lebih mudah dengan cara menggunakan cara online seperti yang ditawarkan oleh I Love Life dari Astra yang bisa mengajukan klaim secara online. Ketika mengajukan klaim sendiri nantinya Anda harus menantikan apakah klaim asuransi Anda diterima atau ditolak. Ketika klaim diterima maka akan mendapatkan uang pertanggungan asuransi, akan tetapi apabila ditolak maka bisa untuk melihat kesalahan mengapa klaim asuransi Anda ditolak. Dimana beberapa alasan klaim yang ditolak adalah sebagai berikut ini:

  1. Polis sedang tidak aktif
    Hal pertama yang menjadikan klaim Anda tidak diterima atau ditolak adalah karena polis Anda yang sedang tidak aktif. Hal tersebut akan membuat klaim asuransi yang dilakukan tidak diterima oleh pihak asuransi. Polis yang tidak aktif itu sendiri bisa disebabkan oleh pembayaran premi yang jatuh tempo atau melewati masa tenggang dan juga karena klaim yang diajukan tidak cukup untuk menutup biaya asuransi.
  2. Mengajukan klaim melebihi batas klaim
    Hal selanjutnya yang membuat klaim Anda tidak diterima adalah karena mengajukan klaim melebihi batas waktu klaim yang telah ditentukan. Biasanya di dalam peraturan klaim sendiri akan dijelaskan berapa lama waktu yang telah ditentukan untuk mengajukan klaim setelah terjadi hal yang dapat untuk mendapatkan klaim asuransi yang dipunyai. Sehingga apabila melebihi batas pengajuan klaim tersebut maka otomatis klaim akan ditolak oleh pihak asuransi.
  3. Dokumen yang tidak lengkap
    Hal terakhir yang menjadi klaim asuransi Anda tidak diterima adalah karena dokumen klaim yang tidak lengkap. Oleh karena itulah penting untuk mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan ketika akan mengajukan klaim. Sehingga nantinya ketika di verifikasi maka Anda akan melengkapi dokumen tersebut dengan mudah. Hal ini juga dapat dihindari apabila mengajukan klaim secara online sehingga dapat untuk mengunggah dokumen klaim dengan lengkap.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *