Ternyata 5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Pengajuan Klaim Asuransi Anda Ditolak

Salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik untuk membeli produk asuransi adalah kelak dimasa depan jika seandainya ada resiko yang terjadi, maka bisa mengajukan klaim kepada perusahaannya. Sehingga kelak mendapatkan uang ganti rugi, namun ternyata pengajuan klaim tidak semudah yang dibayangkan. Mengingat faktanya ada banyak diantara nasabah yang berkali-kali sudah mengajukan klaim namun tetap saja ditolak. padahal merasa sudah memenuhi syarat yang diberikan.

Sebenarnya memang ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan klaim tersebut ditolak, diantaranya adalah:

  1. Kondisi polis sedang tidak aktif, apakah Anda sudah membayar uang iuran atau premi secara rutin? Jika seandainya pembayaran premi ini sendiri dilakukan setengah-setengah, bahkan juga sering kali telat. Waspadai karena perusahaan bisa saja menonaktifkan polis tersebut, jika kondisi polis non aktif, sudah pasti tidak bisa digunakan untuk mengajukan klaim.
  2. Klaim yang dimaksudkan tidak termasuk dalam klausal, sebelum membeli ada baiknya untuk mengecek poin-poin pengecualiannya terlebih dahulu. Jika seandainya hal yang Anda maksudkan tersebut termasuk di dalam poin pengecualian maka secara otomatis pengajuan juga akan ditolak.
  3. Pengajuan klaim yang dilakukan melebihi batas atau jangka waktu yang sudah ditentukan. Pada beberapa jenis insurance memang sengaja memberikan batas atau jangka waktu dalam pengajuan klaim, ketika melebihi jangka waktu yang ditentukan secara otomatis klaim juga akan ditolak.
  4. Dokumen yang dimaksudkan tidak lengkap, ketika ada satu atau dua dokumen yang disyaratkan namun tidak dapat Anda penuhi, secara otomatis klaim juga akan langsung ditolak.
  5. Pemegang polis tersebut melanggar hukum atau melakukan kejahatan, misalnya adalah kecelakaan kendaraan yang disebabkan karena ugal-ugalan di dalam mengendarai mobil, maka pengajuan klaim juga akan ditolak.

Hendaknya belilah asuransi juga dari perusahaan yang terpercaya, mengingat bagaimanapun kondisi keuangan dari perusahaan ini mempengaruhi kemampuan mereka di dalam membayarkan klaim nasabah atau tidak. Jika ternyata modal kecil dengan nilai RBC kurang dari 120 maka kondisi keuangan perusahaan tidak sehat. Pilih yang sudah terjamin layaknya I Love Life dari Astra.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *