Berikut 4 Jenis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui!

Asuransi jiwa adalah suatu surat perjanjian antara perusahaan asuransi dengan Anda sebagai pemegang polis atau tertanggung. Perusahaan asuransi sebagai penanggung akan menanggung sejumlah nominal apabila terjadi resiko kematian terhadap pihak pemegang polis asuransi. Oleh sebab itu Anda sebagai pemegang polis harus membayar kewajiban premi yang bermanfaat untuk memberikan penggantian atas resiko kematian.

Asuransi tersebut merupakan salah satu jenis asuransi yang memiliki tujuan untuk menanggung orang terhadap kerugian keuangan yang tidak terduga yang disebabkan karena tertanggung meninggal dunia. Asuransi ini dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri atau atas nama tertanggung atau kepentingan orang ketiga. Ada beberapa jenis asuransi yang beredar di masyarakat. Sehingga Anda juga harus cermat dalam memilih.

Ada beberapa jenis produk dari asuransi ini. Tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda tiap jenisnya. Berikut beberapa jenis yang perlu Anda ketahui:

  1. Berjangka (Term Life Insurance).
    Fungsinya memberikan perlindungan kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu. Biasanya menawarkan kesepakatan untuk 5, 10 atau 20 tahun dengan premi tetap dan terhitung murah. Anda dapat memilih jenis ini apabila mengutamakan masa depan keluarga. Cocok pula bagi Anda yang memiliki kemampuan finansial yang terbatas.
  2. Seumur hidup (Whole Life Insurance).
    Asuransi ini memberikan perlindungan seumur hidup, walaupun biasanya perusahaan membatasi manfaat hanya sampai dengan umur 100 tahun. Apabila Anda menginginkan perlindungan jiwa sekaligus tabungan kebutuhan darurat, Anda bisa mempertimbangkan polis asuransi jenis ini.
  3. Dwiguna (Endowment Insurance).
    Asuransi ini memiliki 2 manfaat yaitu sebagai perlindungan jiwa berjangka dan tabungan. Asuransi tersebut direkomendasikan bagi Anda yang ingin memastikan biaya pendidikan anak, kebutuhan tidak terduga di masa depan dan punya dana pension.
  4. Unit Link.
    Asuransi yang menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Sehingga paling sering ditawarkan oleh agen asuransi. Jika Anda tidak tertarik dengan investasi tetapi ingin memastikan jiwa tetap memperoleh perlindungan, Anda dapat memilih perlindungan jiwa jenis ini.

Anda dapat memilih produk asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan. Perusahaan Asuransi Astra menjadi pilihan untuk membeli asuransi tersebut.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *