Berikut Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Besaran Premi Asuransi Jiwa

Ketika Anda membeli suatu produk asuransi, selain manfaat yang akan Anda dapatkan, Anda juga perlu mempertimbangkan besaran premi yang harus dibayarkan kepada pihak asuransi. Hal tersebut menjadi penting karena asuransi merupakan komponen pengeluaran yang aka nada dalam keuangan Anda selama jangka waktu yang cukup panjang dan bahkan bisa sampai seumur hidup. Jangan sampai ditengah perjalanan Anda tidak mampu membayarkan premi. Sehingga sangat penting mempertimbangkan hal tersebut sejak awal. Anda dapat memilih perusahaan asuransi jiwa dengan pembayaran premi sesuai kemampuan Anda.

Pada umumnya, premi yang ditetapkan oleh suatu perusahaan asuransi dipungut secara bulanan, 3 bulan dan bahkan tahunan. Hal tersebut tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi dan surat perjanjian yang telah disepakati ketika terjadi transaksi tersebut. Besarnya premi yang ditetapkan oleh perusahaan dipengaruhi oleh beberapa hal. Faktor yang mempengaruhi besaran premi umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Usia, dalam asuransi semakin tua usia tertanggung maka akan semakin besar pula premi yang harus dibayarkan. Dikarenakan tingginya resiko yang harus ditanggung oleh pihak asuransi. Sehingga disarankan mengajukan asuransi pada usia yang tidak terlalu tua agar pembayaran premi tidak memberatkan Anda.
  2. Riwayat medis, hal tersebut akan menjadi catatan bagi pihak asuransi. Sehingga sejak awal pengajuan Anda akan diminta mengenai riwayat medis sebagai persyaratan. Riwayat medis ini nantinya untuk menghitung besarnya resiko yang akan ditanggung oleh pihak asuransi. Semakin banyak catatan riwayat medis itu artinya premi yang harus dibayarkan tidak sedikit.
  3. Kebiasaan dan hobi, perusahaan asuransi biasanya akan menerapkan premi yang tinggi untuk orang-orang yang memiliki kebiasaan, hobi atau profesi yang berbahaya seperti skydiving, scuba diving dan lainnya. Hal tersebut dianggap memiliki resiko yang tinggi terhadap keselamatan pemegang polis. Selain itu, biasanya seorang perokok juga akan dikenai premi cukup tinggi atau dua kali lipat lebih tinggi dibanding mereka yang tidak merokok.

Asuransi jiwa merupakan bentuk kepedulian Anda terhadap keluarga dan orang-orang yang Anda cintai. Tidak ada salahnya mengantisipasi hal-hal yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Dalam hal ini Anda bisa mengajukan asuransi kepada perusahaan Asuransi Astra.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *