Ini Dia Cara Klaim Asuransi Jiwa yang Bisa Anda Terapkan

Asuransi jiwa merupakan salah satu asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial yang dialami oleh nasabah terkait. Biasanya hal tersebut diakibatkan karena nasabah mengalami kejadian meninggal dunia ataupun cacat total. Asuransi ini digunakan untuk mengklaim segala biaya untuk menutup kerugian yang didapatkan dengan tidak memberatkan pihak keluarga nasabah. Maka dari itu, cukup penting bagi setiap orang untuk memiliki asuransi jenis ini. Sebab, semua orang akan mengalami hal buruk tersebut.

Lalu, bagaimanakah cara untuk mengklaim asuransi ini? Mungkin Anda sendiri juga pernah mendengar ataupun pernah melakukan klaim terhadap asuransi. Di mana ketika seseorang berada di rumah sakit karena cacat total atau bahkan meninggal, maka asuransi ini akan segera diurus agar segera mendapatkan klaim pula. Namun, bagi Anda yang belum mengetahuinya jangan khawatir. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara klaim asuransi tersebut:

  1. Melakukan konfirmasi kepada perusahaan asuransi
    Jika nasabah sudah meninggal dunia, maka Anda sebagai ahli waris harus memberikan informasi mengenai kematian dari nasabah tersebut kepada pihak asuransi. Anda dapat langsung mendatangi agen asuransi tersebut dengan membawa surat salinan kematian dari kantor Negara maupun rumah duka.
  2. Mengisi formulir klaim asuransi
    Setelah itu, perusahaan asuransi akan memberikan Anda sebuah formulir klaim asuransi yang harus diisi dengan benar.
  3. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan
    Setelah formulir terisi, maka pihak perusahaan akan meminta sejumlah berkas pendukung seperti:

• Polis asli.
• Fotocopy seluruh pemeriksaan laboratorium.
• Fotocopy kartu identitas diri dari ahli waris.
• Surat keterangan meninggal dari rumah sakit beserta penyebab kematian nasabah.
• Surat keterangan meninggal dunia.
• Surat keterangan dari kepolisian jika nasabah meninggal dunia akibat kecelakaan.

  1. Proses verifikasi
    Setelah berkas diserahkan, maka pihak asuransi akan melakukan verifikasi data dan memberitahukan ketika verifikasi tersebut telah berhasil.

Itulah cara-cara mengenai klaim asuransi jiwa. Cukup mudah bukan. Jadi, jika Anda belum memiliki asuransi tersebut segeralah buat asuransi. Sebab asuransi tersebut akan sangat bermanfaat bagi Anda di masa yang akan datang. Anda bisa memilih perusahaan asuransi yang terbaik seperti Astra untuk mendapatkan berbagai macam kemudahan dalam proses asuransi.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *