Menilik Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui

Samakah Asuransi Kecelakaan Diri dan Asuransi Keselamatan Kerja? Berikut Ulasannya!

Saat ini produk asuransi terbilang cukup laris manis di pasaran. Hal ini lantaran kesadaran masyarakat untuk produk perlindungan ini semakin meningkat. Adanya asuransi akan memberikan proteksi finansial jika mengalami suatu resiko buruk di masa mendatang. Salah satu jenis asuransi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat saat ini adalah asuransi jiwa. Mungkin Anda sudah cukup familiar dengan jenis asuransi yang satu ini. Karena memang asuransi yang satu ini cukup banyak ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi di Indonesia, seperti asuransi Astra melalui produk Astra Life.

Produk asuransi jiwa sering sekali disepelekan oleh banyak orang karena dirasa kurang penting. Padahal adanya asuransi yang satu ini sangat disarankan untuk dimiliki, terutama bagi suatu keluarga yang hanya mengandalkan satu orang untuk sumber pemasukan keuangan keluarganya. Bukan tanpa alasan, karena beberapa manfaat inilah yang akan Anda dapatkan, yaitu:

  • Melindungi diri dari kejadian yang tidak terduga.

Resiko sakit atau kematian tidak ada yang tahu pasti. Namun dengan memiliki asuransi jenis akan melindungi diri Anda dan keluarga dari segi finansial.

  • Melindungi keluarga dari resiko finansial.

Dengan adanya asuransi ini akan membuat ahli waris atau anggota keluarga yang ditinggalkan mendapatkan sejumlah uang pertanggungan jika pemegang polis mengalami resiko sakit atau meninggal dunia. Uang pertanggungan ini tentunya bisa dimanfaatkan bagi keluarga untuk meneruskan hidup selepas di tinggal oleh pemegang polis.

  • Memaksa untuk selalu menabung.

Saat sudah memutuskan membela asuransi, maka Anda memiliki kewajiban untuk membayar premi asuransi setiap bulannya dalam jangka waktu panjang. Sehingga, secara tidak langsung Anda diminta untuk selalu menyisihkan sebagai dari pendapatan untuk membayar asuransi. Tentunya hal ini membuat Anda lebih bijak dalam menggunakan uang.

  • Bisa untuk melunasi tanggungan hutang.

Memiliki asuransi jenis ini saat sedang mengambil KPR dinilai merepotkan. Padahal jika suatu resiko buruk terjadi pada debitur, entah sakit atau meninggal dunia akan sangat berguna untuk membantu debitur dalam mengangsur cicilan.

  • Pengganti penghasilan jika pencari nafkah mengalami suatu musibah.

Jika sumber pemasukan suatu keluarga hanya berasal dari satu orang, maka jika pencari nafkah ini mengalami resiko sakit atau meninggal dunia akan berdampak pada finansial keluarga. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa perlu memiliki asuransi. Karena uang yang dibayarkan selama membayar premi asuransi akan digunakan sebagai pengganti penghasilan dari pencari nafkah yang meninggal dunia.

  • Sebagai bentuk investasi.

Bagi Anda yang memiliki asuransi ini, maka pada akhir kontrak akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi. Masa tanggung asuransi umumnya cukup fleksibel, yaitu mulai dari 5 hingga 10 tahun.

  • Memberikan ketenangan hidup.

Adanya asuransi jiwa juga akan turut memberikan ketenangan hidup. Hal ini lantaran jika suatu saat pemegang polis mengalami resiko buruk tidak akan terlalu khawatir dengan keluarga yang ditinggalkan karena sudah memiliki asuransi. Begitu juga anggota keluarga juga lebih tenang dalam menghadapi masa depan.

\

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *