Syarat untuk Mendapatkan Asuransi Dana Pensiun

Syarat untuk Mendapatkan Asuransi Dana Pensiun

Asuransi dana pensiun merupakan dana pensiun berupa sejumlah uang untuk peserta yang pensiun. Yang terdiri atas 3 yaitu dipercepat, pensiun cacat dan ditunda. Pensiun dipercepat dengan nilai sekarang dikalikan dengan penghargaan masa kerja pensiun dikalikan dengan penghasilan pensiun selama bulan terakhir. Untuk pensiun cacat yang diperoleh dari penghargaan masa kerja pensiun dikalikan dengan penghasilan dasar pensiun yang diperoleh selama beberapa bulan terakhir. Manfaat pensiun ditunda untuk mengatur dana mendapatkan keuntungan karena iuran yang langsung dimasukkan dalam kegiatan investasi dan membantu penyelenggaraan program pemerintah.

Berikut adalah persyaratan untuk mengurus asuransi ini:

  • Peserta minimal berumur 18 tahun dan sudah menikah.
  • Untuk peserta individu dapat melakukan penyetoran Rp100.000.
  • Memberikan lampiran identitas diri berupa KTP atau SIM yang merupakan milik asli dari milik nasabah.
  • Asuransi ini dibuka untuk individu atau kelompok baik itu yang bekerja di sektor formal maupun informal dan profesional.
  • Terbuka untuk mengelola berbagai pensiun perusahaan atau instansi atau yayasan ataupun lembaga.

Asuransi ini dapat diklaim jika nasabah sudah tidak lagi bekerja atau telah mengajukan permohonan untuk berhenti bekerja pada perusahaannya. Pengaju sudah berusia 55 tahun, atau dalam keadaan telah meninggal atau cacat yang dinyatakan oleh dokter. Untuk mengajukan klaim maka isi form dengan lengkap data diri, nama perusahaan, nomor KTP dan NPWP, mengisi tanggal berhenti bekerja, nomor rekening, nama pemilik dari rekening, nama bank bersangkutan, cabang, tempat dan tinggal yang akan ditulis dalam form, memberikan tanda tangan pengaju klaim yang jelas serta cap dan tanda tangan dari perusahaan.

Asuransi dana pensiun dapat digunakan untuk hari tua, dan menjadi investasi di akhir tahun tidak produktif lagi. Selain itu, dana ini dapat dimanfaatkan setelah diklaim baik untuk investasi selanjutnya dan juga untuk membantu keluarga dan membiayai pendidikan cucu. Saat ini dana pensiun telah dapat diurus di asuransi Astra yang menawarkan berbagai produk untuk membantu nasabah menghabiskan hari tuanya dengan sejahtera tanpa membebani orang lain dan dapat melakukan kegiatan sesuai yang diinginkan dari asuransi yang telah dilakukan selama beberapa tahun.


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *