Ternyata Inilah Pentingnya Memiliki Asuransi Dana Pensiun yang Harus Anda Ketahui

Ternyata Inilah Pentingnya Memiliki Asuransi Dana Pensiun yang Harus Anda Ketahui

Bagi yang bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan, baik milik negara maupun swasta pastinya akan memiliki masa pensiun bekerja. Menjalani masa pensiun tentunya akan sedikit berbeda dengan saat masih bekerja, terutama dari segi finansial. Karena setelah pensiun, sumber pendapatan bisa jadi sudah tidak sama lagi dengan seperti saat masih bekerja. Perusahaan biasanya sudah memberikan sejumlah pesangon atau dana pensiun pada karyawannya yang sudah pensiun. Untuk yang bekerja di pemerintahan, biasanya akan mendapatkan gaji pensiun setiap bulannya. Namun dengar-dengar, gaji pensiun ini juga akan dihapuskan ke depannya dan akan diberikan dalam bentuk pesangon saja. Uang pesangon maupun dana ketenagakerjaan yang diberikan perusahaan tentunya hanya bisa digunakan untuk beberapa bulan ke depan. Padahal pengeluaran tiap bulannya bisa jadi masih sama dengan saat kondisi bekerja di perusahaan. Untuk itu, penting merencanakan memiliki asuransi dana pensiun saat masih bekerja.

Jenis asuransi ini memiliki tujuan untuk melindungi dari pengeluaran tidak terduga yang mungkin bisa terjadi saat sudah tidak lagi bekerja atau saat memasuki masa pensiun. Memiliki asuransi untuk persiapan masa pensiun dinilai penting karena beberapa alasan berikut:

  1. Anda tidak bekerja lagi ketika memasuki masa pensiun, sehingga tidak memiliki pemasukan tetap lagi.
  2. Tidak memiliki pemasukan tetap bukan berarti harus menutup pengeluaran setiap bulannya, sehingga salah satu caranya dengan melakukan investasi sejak dini melalui asuransi.
  3. Tabungan memang membantu untuk kebutuhan di masa mendatang. Namun tabungan pasti hanya bisa digunakan secara terbatas jumlahnya dan akan habis jika digunakan sebagai sumber utama setiap pengeluaran yang terjadi.

Nah, karena latar belakang inilah asuransi dana pensiun menjadi penting untuk dimiliki. Baik itu bagi Anda yang seorang pekerja di suatu perusahaan maupun Anda yang memiliki usaha. Pastikan Anda memiliki perusahaan yang tepat untuk memiliki jenis asuransi ini, seperti dari Asuransi Astra misalnya. Dengan memiliki asuransi jenis ini berbagai manfaat akan didapatkan, seperti:

  • Investasi dana.
  • Tabungan tetap terjaga.
  • Masa tua terjamin kebutuhannya.
  • Tidak perlu khawatir dengan pengeluaran yang tiba-tiba besar.
  • Bisa dialokasikan untuk jenis asuransi lain, seperti asuransi kesehatan.
  • Tetap bisa memberi nafkah keluarga meskipun sudah tidak bekerja.
  • Untuk memenuhi cita-cita yang beluk terwujud, seperti berhaji.
  • Sebagai warisan jika meninggal kelak.


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *