Tips Memilih Asuransi Keselamatan Kerja yang Tepat

Tips Memilih Asuransi Keselamatan Kerja yang Tepat

Asuransi keselamatan kerja merupakan asuransi yang dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan, perusahaan akan memberikan manfaat asuransi kesehatan berupa uang ganti untuk biaya rawat inap, rumah sakit maupun biaya operasi bagi karyawan dan keluarga. Untuk mengurus asuransi maka dapat memilih asuransi Astra yang menawarkan kepada karyawan jika perusahaan akan memberikan pertanggungan apabila terjadi resiko cacat total ketika kecelakaan terjadi dan membayar uang pertanggungan jika terjadi resiko meninggal dunia disebabkan oleh penyakit ataupun mengalami kecelakaan pada masa pertanggungan.

Berikut adalah tips memilih asuransi untuk keselamatan pekerja diantaranya:

  • Memahami jenis asuransi dan memperhatikan apakah asuransi tidak membutuhkan klaim jika membayar pengobatan lebih dulu lalu melakukan klaim. Setiap jenis klaim memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui.
  • Sesuaikan dengan pengeluaran tambahan dan premi yang akan dibayarkan berkala dengan penghasilan setiap bulan. Jika terdapat premi yang mahal dan premi terjangkau yang menawarkan poin yang sama sebaiknya memilih yang dibutuhkan untuk cover seluruh yang dibutuhkan.
  • Perhatikan manfaat jangka panjang yang akan diberikan, hal ini berkaitan dengan premi yang berkurang dan penawaran dari asuransi terhadap karyawan yang tidak sesuai pada kebutuhan saat ini.
  • Pahami rumah sakit yang akan bekerjasama, jika menggunakan metode non reimbursement maka hanya perlu memiliki nota pembayaran ketika berada di rumah sakit.

Selain itu, pahami kredibilitas perusahaan yang akan menjadi penjamin perlindungan karyawan. Sebaiknya memperhatikan track record dan melihat pelayanannya. Sebaiknya tidak mudah terpengaruh jika premi terjangkau dan penawaran besar sedangkan premi mahal dengan penawaran yang biasa, bukanlah penjamin semuanya. Terutama jika perusahaan tersebut sedang berada dalam keadaan keuangan lemah yang membuat uang menjadi tidak berkembang.

Jika memiliki asuransi keselamatan kerja karyawan dapat bekerja dengan perasaan tenang tanpa takut karena sudah dilindungi. Setiap perawatan yang dijalani oleh karyawan akan diganti dengan pertanggungan dari perusahaan asuransi. Tabungan menjadi terjaga karena adanya asuransi, karyawan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya konsultasi dokter ataupun biaya selama sakit. hal ini juga akan menjamin masa depan keluarga jika terjadi sesuatu hal yang buruk.


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *