Inilah Beragam Manfaat dari Asuransi Keselamatan Kerja yang Bisa Anda Dapatkan

Inilah Beragam Manfaat dari Asuransi Keselamatan Kerja yang Bisa Anda Dapatkan

Bekerja sebagai seorang karyawan di suatu perusahaan baik yang ruang lingkupnya di dalam ruangan maupun lapangan pastinya memiliki resiko tersendiri. Karena saat bekerja hal yang tidak terduga seperti kecelakaan bekerja bisa saja menimpa, terlebih bagi mereka yang bekerja di lapangan. Oleh karena itu biasanya beberapa perusahaan memiliki kebijakan bagi karyawannya, bahkan mewajibkan mereka untuk memiliki asuransi keselamatan kerja. Asuransi jenis ini bukan hanya diperlukan oleh individu secara pribadi, namun juga diperlukan bagi karyawan atau pekerja untuk jaminan perlindungan saat bekerja.

Meskipun beberapa perusahaan sudah mewajibkan pekerjanya untuk memiliki jenis asuransi ini, namun beberapa karyawan ada yang belum tergerak untuk memilikinya karena dirasa kurang perlu. Hal ini lantaran karena enggan adanya potongan pada gaji yang mereka terima, mengingat nominalnya terkadang cukup besar untuk membayar asuransi, sementara memiliki kebutuhan lain yang tak kalah besar juga. Asuransi untuk keselamatan kerja ini mungkin akan memberatkan untuk membayar preminya, namun sebenarnya banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Pentingnya memiliki asuransi untuk karyawan maupun pekerja karena berbagai manfaat berikut ini:

  • Asuransi dapat meminimalisir dari resiko tertentu.

Bagi Anda yang seorang pekerja lapangan dengan setiap hari bersinggungan dengan alat-alat berat atau mesin khusus dengan resiko yang cukup tinggi jika mengalami kesalahan dalam bekerja, asuransi keselamatan bekerja menjadi sesuatu yang penting untuk dimiliki. 

  • Asuransi membuat disiplin dalam menabung.

Kita tidak tahu apa yang akan menimpa kita di masa depan saat berada di lingkungan kerja. Menabung untuk asuransi bukanlah sesuatu yang sia-sia karena nantinya manfaatnya akan kita terima. Meskipun jumlah tidak begitu besar, namun bisa kita gunakan untuk mencukupi kebutuhan.

  • Memberikan ketenangan dalam bekerja dan lebih terlindungi.

Dengan memiliki asuransi, dalam menjalani aktivitas kerja akan lebih tenang dan nyaman karena jika mengalami suatu resiko akan mendapatkan jaminan perlindungan.

Kebutuhan asuransi keselamatan kerja masing-masing individu tidaklah sama. Bagi Anda yang merupakan seorang karyawan yang diharuskan memiliki asuransi terkait pekerjaannya, maka cukup mengikuti asuransi yang telah didaftarkan oleh perusahaan terkait. Di luar itu jika membutuhkan asuransi jenis lain, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, dll bisa memutuskan untuk mengikuti yang memang sesuai kebutuhan.


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *