Intip Beragam Manfaat Asuransi Kesehatan Karyawan

Intip Beragam Manfaat Asuransi Kesehatan Karyawan

Pergerakan ekonomi saat ini membuat segala sesuatu dapat terjadi. Semua orang harus memiliki rencana A atau rencana B untuk tetap dapat melanjutkan hidup sekalipun tantang datang. Terutama untuk karyawan yang sering-sering mengalami hal-hal yang tidak bisa ditebak. Sekarang ini terdapat asuransi kesehatan karyawan yang dapat dikeluarkan oleh perusahaan tempat seseorang bekerja. Asuransi karyawan sangat penting untuk sebuah perusahaan dalam hal mengoptimalisasi keuntungan perusahaan dan mengembangkan dana perusahaan. Dengan adanya asuransi kesehatan, karyawan dan perusahaan menjadi partner dalam mendukung kesehatan karyawan dan tidak perlu susah dalam mengganti biaya sakit karyawan dan urusan lainnya yang dapat mengeluarkan biaya perusahaan.

Berikut adalah manfaat asuransi kesehatan diantaranya:

  • Rawat inap merupakan manfaat yang diperoleh oleh karyawan termasuk biaya rumah sakit, pemeriksaan laboratorium, melahirkan dan biaya gawat darurat.
  • Rawat jalan merupakan manfaat yang ditawarkan kepada nasabah untuk memberikan perlindungan terkait konsultasi dokter umum maupun spesialis, obat yang digunakan sesuai resep, biaya akan tindakan pencegahan serta alat bantu yang dianjurkan kepada karyawan.
  • Nilai tunai merupakan manfaat dari perusahaan asuransi yang membayar dana kepada nasabah jika sakit dan harus rawat inap.

Berdasarkan manfaat diatas maka peran asuransi kesehatan sangat penting walaupun hanya untuk konsultasi dokter dan biaya obat. Saat memilih asuransi sebaiknya yang sesuai dengan kebutuhan, perhatikan program reksadana atau jenis investasi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Untuk karyawan baru sebaiknya tidak menggunakan asuransi hibrida karena premi yang dibayarkan tidak sepenuhnya dimanfaatkan untuk kesehatan, jadi lebih baik menggunakan asuransi kesehatan murni. Perhatikan juga kualitas pelayanan yang ditawarkan, pelayanan terbaik biasanya dengan menggunakan asuransi pribadi.


Saat memilih asuransi kesehatan karyawan perhatikan bagaimana kredibilitas dari perusahaan, dapatkan informasi yang sebanyak-banyaknya untuk mengetahui produk dan sudah terdaftar dalam OJK. Perhatikan premi dan plafon, semakin tinggi premi yang diberikan maka plafon juga akan semakin besar. Pilih rumah sakit rujukan yang dapat menerima penggunaan asuransi ini dan memberikan layanan serta memiliki jarak yang dekat dengan rumah. Berdasarkan manfaat dan cara memilih perusahaan asuransi kesehatan maka asuransi Astra sangat direkomendasikan.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *