4 Faktor yang Bisa Menyebabkan Pengajuan Klaim Asuransi Kesehatan Karyawan Ditolak

4 Faktor yang Bisa Menyebabkan Pengajuan Klaim Asuransi Kesehatan Karyawan Ditolak

Asuransi kesehatan karyawan memang termasuk salah satu fasilitas yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan mereka, sehingga kelak bisa digunakan ketika sedang sakit. Tidak bisa dipungkiri jika seandainya penyakit memang rentan menyerang siapa saja dan juga kapan saja tanpa memandang usia. Atas dasar itulah maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya banyak orang yang memutuskan untuk melakukan proteksi dengan membuat produk asuransi kesehatan.

Apalagi jika dilihat sekarang ini biaya berobat terbilang begitu mahal, apalagi untuk penyakit-penyakit kelas berat, sehingga mau tidak mau harus mulai sedia proteksi. Hanya saja juga tidak bisa dipungkiri meskipun sudah memiliki asuransi kesehatan, namun tak jarang diantaranya yang tidak bisa menggunakan produk tersebut, karena klaim asuransi tersebut ditolak, ketahui beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya, yaitu:

  1. Klaim tersebut tidak termasuk di dalam isi polis, artinya tidak ada dalam buku perjanjian atau klausal yang telah disepakati antara kedua belah pihak, sehingga secara otomatis rumah sakit juga akan menolak pembayaran dengan menggunakan asuransi tersebut.
  2. Pengajuan klaim telah melewati batas waktu yang sudah ditentukan, faktor lainnya yang menyebabkan pengajuan klaim tersebut ditolak adalah pasien mengajukan di luar batas waktu yang telah ditentukan, sehingga secara otomatis nantinya perusahaan asuransi juga akan menolak pemberian ganti rugi biaya pengobatan, biasanya setelah lebih dari 30 hingga 60 hari pasca pengobatan.
  3. Dokumen yang ditujukan untuk mengajukan klaim tersebut juga tidak lengkap, satu saja dokumen yang tidak disertakan di dalam mengajukan klaim ternyata juga sangat mempengaruhi apakah perusahaan akan menerima klaim atau tidak.
  4. Polis sedang tidak aktif, hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya adalah karena pemegang polis tersebut sudah lama tidak membayar premi asuransinya.

Jadi cermati terlebih dahulu ketentuan sebelum mengajukan klaim asuransi kesehatan karyawan ini, karena bisa jadi beberapa hal di atas membuat pengajuan Anda secara otomatis akan ditolak oleh perusahaan asuransi, padahal sebenarnya tengah benar-benar dibutuhkan. Pilih perusahaan penerbit asuransi kesehatan untuk karyawan yang terpercaya dari Asuransi Astra.


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *