Ini Dia Cara Mengklaim Asuransi Jiwa yang Benar

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Dwiguna yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki asuransi menjadi salah satu kebutuhan di zaman sekarang. Karena adanya asuransi mampu memberikan perlindungan baik untuk harta benda yang dimiliki, kesehatan, maupun hidup seseorang. Memiliki asuransi akan meringankan beban seseorang jika sesuatu yang dilindungi mengalami suatu resiko di kemudian hari. Produk asuransi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi sangat banyak macam dan jenisnya. Salah satu jenis asuransi yang cukup banyak diminati selain asuransi kesehatan adalah asuransi jiwa. Dalam asuransi jiwa, klaim asuransi merupakan salah satu bentuk dari manfaatnya. Klaim biasanya dilakukan jika tertanggung mengalami resiko meninggal dunia. Ahli waris bisa melakukan beragam proses untuk mengklaim uang pertanggungan dari perusahaan asuransi yang bersangkutan. Maka dari itu, penting bagi penerima manfaat atau ahli waris mengetahui cara mengklaim asuransi jiwa yang benar.

Semua jenis asuransi tak terkecuali asuransi jiwa oleh perusahaan asuransi akan diproses klaimnya jika ada pengajuan klaim terlebih dahulu dari ahli waris atau penerima manfaat. Jika Anda adalah ahli waris atau penerima manfaat dari tertanggung, Anda harus mengurus klaim terlebih dahulu sebelum menerima manfaat berupa uang pertanggungan. Maka dari itu berikut ini ada pedoman dalam klaim asuransi jiwa yang bisa Anda pelajari:

  1. Informasikan kematian tertanggung kepada perusahaan asuransi yang bersangkutan dan siapkan dokumen terkait polis asuransi jiwa milik tertanggung dan surat kematian.
  2. Lengkapi formulir klaim yang diberikan oleh pihak asuransi dan kumpulkan dokumen yang diminta untuk dilengkapi.
  3. Serahkan kepada pihak asuransi dan tunggu proses analisa klaimnya.
  4. Bila analisa terhadap klaim yang diajukan benar atau sah, klaim akan dilanjutkan ke proses perhitungan kewajiban dan perusahaan asuransi akan menghitung sejumlah dana yang harus diberikan kepada penerima manfaat atau ahli waris.

Itu tadi cara mengklaim asuransi jiwa yang bisa Anda pelajari. Perlu diketahui, asuransi jiwa memang bisa diklaim jika tertanggung atau pemilik polis telah meninggal dunia. Untuk itu Anda harus mengurus surat kematian yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit, kelurahan, hingga akta kematian dari catatan sipil daerah setempat. Selain surat kematian, ada beberapa dokumen lain yang juga diperlukan, seperti polis asli, fotokopi identitas diri atau KTP tertanggung, fotokopi identitas diri atau KTP ahli waris, fotokopi akte lahir tertanggung, fotokopi KK, fotokopi surat nikah/surat cerai, formulir keterangan klaim meninggal dunia, dll. 


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *