Tata Cara Mengklaim Asuransi Jiwa Setelah Terjadi Kematian

Intip Keuntungan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Membeli asuransi jiwa kini memang sangat mudah. Anda bisa membelinya bersamaan dengan membeli tiket kendaraan umum atau melalui pembelian online. Polis asuransipun bisa dikirimkan melalui email sehingga tak perlu menyimpan surat yang bisa saja hilang atau terbakar. Namun sudah tahukah bagaimana cara mengklaim asuransi jiwa saat tertanggung meninggal dunia. Sering kali keluarga atau ahli waris merasa kesulitan bukan karena prosesnya yang sulit namun karena kurangnya pengetahuan. Bagi Anda yang memiliki asuransi jiwa, ada baiknya untuk memberikan edukasi kepada keluarga tentang bagaimana cara mengklaim asuransi jika saatnya tiba.

Saat tertanggung meninggal dunia, maka keluarga atau ahli warislah yang harus menguruskan klaim asuransi tersebut. Anda perlu memberitahukan dimana letak polis asuransi jika berbentuk surat atau mengirimkan polis electronic kepada ahli waris yang nantinya akan digunakan untuk mengklaim asuransi. Hal pertama yang harus dilakukan tentu adalah mengurus surat kematian terlebih dahulu serta catatan kepolisian jika kematian diakibatkan kecelakaan atau tindakan kriminal. Surat keterangan dokter juga dibutuhkan jika tertanggung melalui proses perawatan atau meninggal di rumah sakit.

Setelah surat-surat dilengkapi, hal kedua yang harus dilakukan adalah menghubungi perusahaan asuransi. Keluarga bisa datang langsung ke perusahaan asuransi atau menggunakan layanan online yang sudah disediakan untuk proses klaim seperti pada Asuransi Astra. Beri informasi mengenai data diri tertanggung yang telah meninggal dunia dengan mengisi form yang telah disediakan. Nantinya keluarga juga harus menyertakan salinan surat kematian, polis, KTP dan persyaratan lainnya sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransi tersebut. Ada rentang waktu yang diterima oleh perusahaan asuransi dalam mengajukan klaim kematian yang juga perlu keluarga ketahui sehingga penting untuk segera menginformasikan kepada perusahaan asuransi.

Setelah mengisi formulir yang dibutuhkan dan melengkapi surat-surat yang diminta oleh perusahaan asuransi, keluarga bisa menunggu di rumah agar perusahaan asuransi bisa melakukan cross check dari apa yang telah disampaikan. Tak lama, uang pertanggungan sesuai dengan perjanjian polis akan disampaikan melalui transfer bank kepada keluarga yang ditunjuk. Itulah cara mengklaim asuransi jiwa pada umumnya yang bisa Anda informasikan kepada keluarga agar memiliki gambaran yang dibutuhkan.


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *