Bagaimana Cara Mengklaim Asuransi Jiwa Jika Tertanggung Sudah Meninggal Dunia?

Bagaimana Cara Mengklaim Asuransi Jiwa Jika Tertanggung Sudah Meninggal Dunia?

Bagi mereka yang sudah menggunakan perlindungan dari asuransi, pasti tidak asing dengan cara klaim asuransi. Proses tersebut merupakan dimana kewajiban dari sebuah perusahaan asuransi untuk membayarkan tanggungan kepada pemegang asuransi. Dalam kenyataannya, masih banyak orang yang belum paham apalagi pemegang asuransi jiwa. Dimana pemegang sudah meninggal, keluarga ataupun pihak terdekat bingung cara mengklaim asuransi jiwa tersebut. Meskipun terbilang mudah, tetapi jika tidak dipahami dari awal pasti akan mengalami kesulitan. Bagaimana, apakah Anda menjadi salah satu orang yang masih kebingungan?

Ketika membeli asuransi, pasti ada peraturan yang harus dipahami oleh pemegang terlebih dahulu. Umumnya didalam itu terdapat prosedur seperti apa klaim bisa dilakukan dan bagaimana caranya, karena terkadang satu perusahaan dengan lainnya itu berbeda. Tetapi biasanya asuransi jiwa bisa diklaim melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Informasikan kepada perusahaan jiwa tertanggung sudah meninggal dengan membawa beberapa data penting seperti nomor asuransi, polis, surat keterangan meninggal dan lain sebagainya.
  2. Umumnya perusahaan akan memberikan formulir untuk klaim asuransi, isi secara lengkap.
  3. Sertakan beberapa data atau berkas pendukung seperti polis, fotocopy data diri, surat keterangan meninggal dan lainnya.
  4. Perusahaan akan melakukan analisa, pengecekan dan memproses setelah mendapatkan beberapa data tersebut.
  5. Jika memang sudah dinilai benar, sah dan tidak ada hal yang mencurigakan pihak asuransi akan melakukan perhitungan.
  6. Dan terakhir adalah pencairan dana tertanggung dengan Anda memberikan rekening bank sebelumnya. Cukup mudah bukan?

Secara umum memang terlihat mudah, tetapi hal itu sering terjadi diluar waktu yang telah ditentukan. Ya, umumnya memang lama apalagi kondisi perusahaan asuransi yang tidak terpercaya akan kesehatan keuangannya. Maka dari itu, lebih baik pilih perusahaan asuransi terbaik agar cara mengklaim asuransi jiwa juga tidak dipersulit. Seperti Asuransi Astra yang menawarkan AsuransiLife terbaik, dimana mereka tidak hanya memberikan pelayanan terbaik diawal pendaftaran saja tetapi juga saat pengklaiman. Disinilah pentingnya lebih selektif dalam memilih perusahaan asuransi sebelum membeli. Terima kasih.


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *