Berikut Tips dalam Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik

Berikut Tips dalam Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik

Memiliki asuransi di zaman sekarang memang menjadi salah satu kebutuhan. Karena dengan adanya asuransi bisa memberikan perlindungan dari finansial, harta benda, maupun kerugian jenis lainnya yang tak kalah berharga. Salah satu jenis asuransi yang banyak dimiliki saat ini selain asuransi kesehatan adalah asuransi jiwa. Hampir semua perusahaan asuransi memiliki produk yang satu ini, baik perusahaan asuransi pemerintah maupun swasta. Untuk membeli produk asuransi jiwa, mencari perusahaan asuransi jiwa terbaik tentunya menjadi salah satu pertimbangan. Karena pastinya dari segi pelayanan sudah terjamin baik dan bisa meminimalisir dari kerugian yang mungkin bisa terjadi.

Dalam memilih perusahaan asuransi yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan memang cukup susah-susah gampang. Karena pastinya semua perusahaan asuransi mengklaim diri mereka yang paling terbaik. Dalam menilai mana yang terbaik, gencarnya perusahaan asuransi dalam promosi belum bisa menjadi jaminan akan memberikan jaminan proteksi yang bagus juga. Maka dari itu calon nasabah perlu kejelian dan ketelitian agar benar-benar mendapatkan tempat membeli asuransi jiwa yang terbaik. Nah, adapun dalam memilih perusahaan asuransi jiwa yang terbaik, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Sudah lama berdiri dan memiliki reputasi yang bagus.

Namun perusahaan asuransi baru pun tidak bisa dianggap sebelah mata saja. Untuk perusahaan yang sudah lama berdiri, akan memudahkan Anda dalam melihat rekam jejak dan reputasinya sehingga bisa meminimalkan resiko kerugian. 

  • RBC di atas 120%.

RBC atau Risk Based Capital menunjukkan kesehatan keuangan perusahaan asuransi. Semakin besar rasionya maka semakin sehat kondisi finansial perusahaan tersebut. Setidaknya perusahaan asuransi memiliki RBC sebesar 120%.

  • Menawarkan premi yang terjangkau.

Perusahaan yang baik adalah yang menawarkan harga premi asuransi dengan terjangkau dan berkualitas. Anda bisa membandingkan produk sejenis dari beberapa perusahaan asuransi sebagai bahan pertimbangan mana yang terbaik.

  • Rasio likuiditas tinggi.

Merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban membayar hutang-hutang jangka pendeknya. Semakin tinggi rasio likuiditasnya, maka kondisi keuangannya semakin baik.

  • Sudah terdaftar di OJK.

Perusahaan asuransi jiwa terbaik pastinya harus sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), seperti contoh asuransi Astra. Pastikan juga perusahaan memiliki konsultan atau sales asuransi yang telah berlisensi.


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *