Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Unit Link Berikut Sebelum Membelinya

Memiliki asuransi jiwa merupakan bentuk perhatian kepedulian seorang tulang punggung keluarga kepada anggota keluarganya. Dikatakan demikian karena jenis asuransi yang satu ini memberikan proteksi finansial dari resiko si pencari nafkah mengalami kematian atau sakit dan cacat, sehingga sumber penghasilan tidak mengalami kendala karena mendapatkan sejumlah uang pertanggungan dari perusahaan asuransi. Di Indonesia, asuransi jiwa terbagi dalam beberapa macam jenis. Salah satu yang cukup diminati dan tak jarang menimbulkan kontroversi adalah asuransi jiwa unit link. Kontroversi biasanya timbul saat nasabah kurang memahami produk asuransi yang dibeli, sehingga timbul kekecewaan di kemudian hari.

Perlu diketahui, unit link merupakan tipe asuransi modern yang menawarkan layanan asuransi jiwa dan investasi sekaligus. Dalam asuransi ini nasabah akan mendapatkan manfaat investasi karena memang pada dasarnya uang premi yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi yang bersangkutan digunakan sebagai modal investasi. Sehingga erat hubungannya dengan kondisi pasar uang dan saham. Dalam rencana keuangan, proteksi dan investasi merupakan dua hal yang wajib dimiliki. Karena alasan berikut ini:

  • Investasi, diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan, seperti dana pensiun, dana pendidikan anak, dll. Tanpa adanya investasi, tujuan keuangan akan sulit dicapai, karena jika hanya mengandalkan tabungan dengan bunga rendah akan sulit mengejar kenaikan harga tiap tahunnya.
  • Proteksi, berguna untuk melindungi dari sejumlah resiko, seperti meninggal dunia, sakit, cacat permanen, dll sehingga anggota keluarga tidak terganggu kebutuhan finansialnya.

Layaknya produk investasi lainnya, dalam asuransi unit link memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda perlu mengetahuinya agar bisa menentukan untuk membeli salah satu jenis asuransi ini ataukah tidak. Untuk kelebihannya bisa disimak yang berikut ini:

  1. Premi yang sudah dibayarkan tidak hangus, sehingga kelak bisa diambil untuk mencukupi kebutuhan, seperti dana pendidikan, dana pensiun, dll.
  2. Asuransi jiwa berlaku seumur hidup.
  3. Mendapatkan dua manfaat sekaligus, proteksi jiwa dan investasi.

Setelah kelebihannya sudah kita bahas, berikut kekurangan yang dimiliki:

  1. Manfaat investasi kurang maksimal karena fokus utama pada proteksi jiwa.
  2. Premi asuransi yang cenderung mahal.
  3. Tidak ada jaminan keuntungan dari investasi.
  4. Nilai proteksi lebih kecil dibandingkan dengan asuransi jiwa murni.

Itu tadi kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa unit link yang perlu Anda ketahui. Produk asuransi unit link banyak dimiliki oleh hampir semua perusahaan asuransi. Pastikan Anda membeli di perusahaan asuransi terpercaya seperti asuransi Astra.


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *