Inilah Kelebihan dan Kekurangan dari Asuransi Jiwa Dwiguna

Inilah Kelebihan dan Kekurangan dari Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi jiwa menjadi salah satu produk asuransi yang diminati oleh masyarakat. Hal ini lantaran jenis asuransi ini bisa memberikan perlindungan finansial dari resiko meninggal dunia atau kondisi yang tidak memungkinkan untuk bekerja, seperti sakit, dan cacat tubuh. Di Indonesia, jenis asuransi jiwa sangatlah beragam dan ada yang memiliki fokus lebih dari satu. Salah satunya adalah asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance. Dinamakan dwiguna karena asuransi ini menawarkan dua manfaat, yaitu manfaat perlindungan jiwa dan manfaat tabungan. Pada asuransi jenis ini, nasabah akan mendapatkan sejumlah uang tertentu pada periode waktu yang sudah disepakati. Karena hal inilah, tak jarang banyak yang memilihnya karena bisa digunakan sebagai persiapan dana keuangan di masa depan, seperti dana pendidikan, dan pensiun, dll.

Asuransi endownment sangat berguna bagi calon pemegang polis yang ingin tertanggung terlindungi dari dampak finansial akibat kematian dini. Jumlah elemen tabungan pada asuransi jenis ini terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis asuransi jiwa lainnya. Sehingga memiliki asuransi jenis ini semangat sesuai bagi yang memiliki tujuan untuk mengakumulasi kekayaan (menabung). Adapun jangka waktu perlindungan pada asuransi endownment bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah. Bisa 10 tahun atau bisa juga hingga usia tertentu seperti usia 60 tahun. Pada akhir jangkau waktu tersebut, maka polis disebut telah jatuh tempo.

Secara umum, asuransi endownment memiliki manfaat berikut ini:

  • Manfaat meninggal dunia, dimana jika tertanggung mengalami kematian saat masa asuransi berlangsung maka ahli waris akan menerima santunan dari perusahaan asuransi sejumlah uang pertanggungan yang telah disepakati di awal perjanjian.
  • Manfaat hidup, dimana jika tertanggung masih hidup saat masa asuransi berakhir, maka pemegang polis akan menerima sejumlah uang pertanggungan secara penuh.

Meskipun memiliki keuntungan berupa manfaat yang sudah dijelaskan tersebut, asuransi jiwa dwiguna juga memiliki kekurangan. Dimana karena menggabungkan dua manfaat sekaligus, yaitu proteksi jiwa dan tabungan, menyebabkan premi asuransi cukup besar bisa mencapai nominal jutaan rupiah per bulannya. Namun meskipun begitu, bagi Anda yang ingin merencanakan dana keuangan untuk kebutuhan tertentu, seperti dana pendidikan, dana pensiun, dll. 


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *