Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Dwiguna yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Dwiguna yang Perlu Anda Ketahui

Asuransi jiwa menjadi salah sekian jenis asuransi yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Karena memang jenis asuransi ini mampu memberikan perlindungan secara finansial jika mengalami suatu resiko kematian atau kondisi yang menyebabkan si pencari nafkah tidak bisa bekerja karena mengalami sakit atau cacat. Perlu diketahui, bahwa jenis asuransi jiwa ada bermacam-macam. Di Indonesia salah satu jenis yang banyak dipilih adalah asuransi jiwa dwiguna atau endownment insurance.

Asuransi jiwa yang satu ini dinamakan dwiguna karena memang menawarkan dua kegunaan, yaitu sebagai perlindungan terhadap jiwa sekaligus sebagai tabungan rencana. Perlindungan polis pada asuransi jiwa jenis ini berlaku untuk jangka waktu tertentu, bisa 10 tahun atau bahkan hingga usai tertentu, seperti usia 60 tahun. Asuransi ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki bagi mereka yang ingin memastikan ketersediaan dana pendidikan anak, untuk dana kebutuhan di masa depan yang tidak terduga, atau bagi mereka yang menginginkan dana pensiun dengan nilai yang besar.

Sama seperti produk asuransi pada umumnya, endownment insurance juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya ini agar bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih produk asuransi jiwa. Dimulai dari kelebihannya terlebih dahulu, berikut diantaranya:

  • Bisa melakukan klaim asuransi dalam jangka waktu tertentu sebelum masa kontrak berakhir. Sehingga bagi Anda yang sedang merencanakan dana pendidikan anak bisa melakukan penarikan dana sekali dalam jangka waktu beberapa tahun sesuai dengan kesepakatan di awal perjanjian asuransi.
  • Jika saat jangka waktu asuransi berakhir pemilik polis masih hidup, maka bisa mendapatkan seluruh uang pertanggungan secara penuh.

Itu tadi beberapa kelebihan yang dimiliki, adapun kekurangan yang dimiliki, antara lain:

  • Premi asuransi yang cukup besar karena menggabungkan dua manfaat, yaitu manfaat sebagai perlindungan jiwa dan manfaat sebagai tabungan.

Nah, pastinya sudah cukup paham bukan dengan apa itu asuransi jiwa dwiguna lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya?. Di Indonesia hampir seluruh perusahaan asuransi memiliki produk yang satu ini. Anda sebagai konsumen perlu memilih yang benar-benar terbaik. Pastikan Anda membeli produk asuransi dari perusahaan terpercaya, seperti dari asuransi Astra.


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *