Inilah yang Dimaksud dengan Asuransi Jiwa Seumur Hidup dan Keuntungannya

Inilah yang Dimaksud dengan Asuransi Jiwa Seumur Hidup dan Keuntungannya

Asuransi di zaman sekarang menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk dimiliki oleh masyarakat. Salah satu jenis asuransi yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia adalah asuransi jiwa. Jenis asuransi ini sangat disarankan bagi mereka yang berperan sebagai pencari nafkah di keluarganya. Karena jenis asuransi ini akan memberikan proteksi finansial jika pemegang polis mengalami resiko kematian atau sakit dan cacat yang mengakibatkan sumber aliran dana terganggu. Asuransi jiwa sangat banyak macamnya dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Salah satu jenis asuransi jiwa yang juga memiliki banyak peminat adalah asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance).

Sesuai dengan namanya jenis asuransi jiwa yang satu ini memberikan perlindungan jiwa bagi pemegang polis selama masa hidupnya dengan persyaratannya yaitu melakukan pembayaran premi asuransi secara rutin setiap bulannya untuk menjaga polis asuransi tetap aktif. Umumnya perlindungan pada asuransi jiwa ini diberikan hingga mencapai usia 100 tahun. Hal ini sering menjadi pertimbangan banyak orang saat ingin mengambil jenis whole life insurance. Karena rata-rata usia hidup seseorang jarang ada yang bisa mencapai usia 100 tahun. Namun hal ini juga tidak ada yang tahu, karena usia seseorang hidup di luar kendali manusia.

Inti dari whole life insurance adalah memberikan pertanggungan kepada ahli waris yang ditinggalkan jika peserta asuransi meninggal dunia. Sehingga keluarga yang ditinggalkan tidak akan mengalami kesulitan secara finansial. Whole life insurance terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Polis jiwa langsung (straight life policy).
  • Polis jiwa seumur hidup pembayaran terbatas (limited-payment whole life insurance).
  • Polis tidak berpartisipasi.
  • Polis berpartisipasi.

Meskipun asuransi jiwa seumur hidup membuat keraguan dengan perlindungannya hingga 100 tahun dengan premi yang rutin dibayarkan hingga seumur hidup, namun ada beberapa keuntungan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  1. Premi yang dibayarkan dari awal hingga akhir masa pertanggungan jumlahnya tetap, tidak berubah-ubah.
  2. Nilai premi yang sudah dibayarkan bisa dikembalikan setelah waktu tertentu, sehingga premi tidak hilang begitu saja.
  3. Premi yang bisa dikembalikan akan dibayarkan secara fleksibel, bisa dalam jangka waktu 5 tahun, 10 tahun, atau 20 tahun.
  4. Memberikan proteksi kepada pemegang polis selama seumur hidup.


Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *