Ketahui Dulu Beberapa Manfaat Asuransi Jiwa Berikut Ini!

Asuransi mungkin bukan hal yang baru lagi di Indonesia. Karena hampir semua masyarakat Indonesia memiliki produk perlindungan ini. Meskipun kini kesadaran masyarakat akan produk asuransi semakin meningkat, namun tidak sedikit juga masyarakat yang belum tertarik untuk memiliki asuransi karena berbagai alasan tertentu. Padahal memiliki asuransi memberikan banyak sekali keuntungan bagi tertanggung atau polis asuransi. Seperti manfaat asuransi jiwa yang mampu memberikan proteksi pada kerugian finansial jika tertanggung atau polis mengalami resiko sakit atau meninggal dunia. Dimana keluarga atau ahli waris yang ditinggalkan akan mendapatkan sejumlah uang pertanggungan dari perusahaan asuransi sesuai kesepakatan awal antara tertanggung dengan perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Asuransi jiwa sangat disarankan bagi mereka yang berperan sebagai pencari nafkah atau tulang punggung di keluarganya. Hal ini dikarenakan jika si pencari nafkah mengalami resiko buruk yang tidak diinginkan di masa depan, seperti meninggal, cacat permanen, sakit parah, dll maka keluarga atau pihak yang dinafkahi tidak akan terkena dampak dari segi finansial. Karena setiap bulannya pihak perusahaan asuransi akan memberikan uang pertanggungan sesuai dengan yang sudah disetujui di awal perjanjian asuransi.

Sebagai produk perlindungan, ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh jika memiliki asuransi jiwa. Anda perlu mengetahuinya karena cukup penting dalam merencanakan keuangan dan masa depan. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Mencegah dari kerugian yang lebih besar.

Dengan memiliki asuransi jiwa sama saja dengan Anda sedang melakukan pencegahan terhadap kemungkinan buruk di masa depan, seperti meninggal dunia, cacat permanen karena kecelakaan, dll. Saat hal ini terjadi, sumber aliran dana yang selalu ada setiap bulannya otomatis terputus. Namun karena memiliki asuransi jiwa, semua kerugian finansial tersebut bisa ditanggulangi. Perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan polis yang sudah disepakati. Sehingga tertanggung maupun keluarga tidak perlu khawatir dengan kondisi keuangan jika mengalami resiko meninggal atau sakit tersebut.

  • Melindungi ahli waris.

Dengan memiliki asuransi jiwa, Anda secara tidak langsung sudah menjaga anggota keluarga tercinta dari resiko kerugian finansial jika mengalami sakit atau meninggal dunia. Asuransi jiwa bisa diklaim saat tertanggung mengalami musibah tersebut. Beban biaya yang mungkin timbul saat tertanggung mengalami musibah bisa tercover dan diringankan dengan uang asuransi yang diberikan kepada ahli waris yang sudah ditunjuk. Hal ini tentu akan membantu ahli waris dalam menghadapi berbagai kebutuhan ataupun tanggungan biaya saat tertanggung mengalami musibah.

  • Memberikan rasa aman dan nyaman.

Mengingat sakit dan kematian adalah sesuatu yang tidak bisa diprediksi, maka dengan adanya asuransi bisa memberikan rasa aman karena sudah mempersiapkan untuk kemungkinan terburuk yang mungkin dihadapi. Dengan adanya asuransi, Anda pun tidak akan takut menghadapi masa depan yang penuh misteri.

  • Sebagai pengelolaan keuangan yang tepat.

Dengan menyisihkan sebagai pendapatan untuk membayar premi asuransi, Anda sudah bijak dalam mengelola keuangan untuk hal yang bermanfaat sebagai perlindungan diri sendiri dan keluarga di masa depan.

  • Investasi masa depan.

Selain bisa sebagai perlindungan terhadap kerugian finansial jika mengalami resiko sakit atau meninggal dunia, memiliki asuransi jiwa juga bisa sekaligus untuk berinvestasi. Sehingga uang yang diberikan kepada ahli waris bisa ditambahkan sekaligus dengan hasil investasi. Jenis asuransi jiwa yang berguna sebagai proteksi dikenal juga dengan nama asuransi jiwa unit link.

  • Pendidikan anak terjamin.

Manfaat asuransi jiwa yang terakhir adalah agar pendidikan anak tetap terjamin meskipun kedua orang tua (tertanggung) mengalami resiko, seperti sakit atau meninggal dunia. Anda bisa memiliki asuransi jiwa sejak dini agar premi yang dibayarkan lebih terjangkau.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *