Berikut Perencanaan Keuangan Keluarga yang Bisa Dilakukan Agar Lebih Hemat

Mempunyai perencanaan keuangan keluarga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan agar mempunyai keuangan yang teratur. Rencana anggaran tersebut sangat penting sehingga keuangan keluarga dapat teratur dengan mengetahui berapa banyak penghasilan yang dipunyai, pengeluaran yang digunakan untuk kebutuhan, dan juga dana darurat dan investasi yang harus disiapkan. Hal tersebut berguna agar kebutuhan keuangan setiap anggota keluarga dapat untuk terpenuhi. Ketika mengatur keuangan keluarga yang biasanya menjadi bagian dari ibu rumah tangga bisa untuk melakukan beberapa cara yang bisa untuk menghemat pengeluaran. Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan strategi 50:30:20

Tips pertama yang bisa digunakan ketika akan mengatur keuangan keluarga adalah dengan menggunakan strategi keuangan yang sudah dikenal yaitu 50:30:20. Hal tersebut dapat menjadi kunci utama yang bisa digunakan agar dapat untuk membagi porsi keuangan keluarga yang disesuaikan dengan prioritas yang dimiliki. Dimana untuk porsi yang paling besar yaitu 50 persen adalah untuk pengeluaran wajib yang tidak bisa ditinggalkan. Seperti misalnya gunakan anggaran paling besar untuk memenuhi semua cicilan dan juga pembayaran yang harus dilakukan. Sedangkan untuk 30 persen bisa digunakan untuk investasi dan juga dana darurat. Untuk bagian 20 persen baru bisa digunakan untuk keinginan seperti belanja, rekreasi, dan entertainment lainnya.

  • Mencari diskon

Tips penting selanjutnya yang bisa digunakan untuk lebih menghemat pengeluaran keuangan keluarga adalah dengan mencari diskon. Hal ini sangat baik dan menguntungkan karena akan lebih hemat sehingga uang yang telah dianggarkan bisa mendapatkan sisa. Biasanya setiap menerima gaji akan digunakan untuk belanja bulanan yang menghabiskan cukup banyak uang. Apabila Anda belanja dengan membeli produk yang sedang di diskon maka belanja tersebut akan menghabiskan uang yang lebih sedikit daripada seharusnya. Oleh karena itulah pilihlah produk yang sedang diskon atau cari diskon yang bisa digunakan seperti menggunakan cara pembayaran tertentu atau membeli di tempat yang sedang menawarkan diskon.

  • Mengurangi penggunaan kartu kredit

Tips penting selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghemat anggaran belanja adalah dengan mengurangi penggunaan kartu kredit. Biasanya kartu kredit memang akan memudahkan Anda untuk membeli barang. Tetapi hal tersebut juga membuka peluang lebih besar pada gaya hidup konsumtif karena mudahnya untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan. Sehingga hal tersebut akan membuat pengeluaran yang over budget dan tidak terkontrol apabila lebih sering menggunakan kartu kredit. Oleh karena itulah mulai sekarang bisa untuk mulai menghindari penggunaan kartu kredit ketika melakukan pembayaran agar lebih hemat dan mengontrol pengeluaran.

  • Mengurangi kebiasaan makan di luar

Hal selanjutnya yang bisa digunakan agar mendapatkan keuangan yang lebih baik adalah dengan mengurangi kebiasaan untuk makan di luar. Makan di luar memang salah satu kebiasaan yang sering dilakukan keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Akan tetapi hal ini akan menghabiskan lebih banyak dana dibandingkan apabila masak sendiri di rumah. Oleh karena itulah lebih baik untuk memasak dan makan di rumah agar lebih hemat.

  • Mengurangi aktivitas yang boros

Dan tips terakhir yang bisa digunakan dalam perencanaan keuangan keluarga agar bisa lebih hemat adalah dengan mengurangi kegiatan yang boros. Misalnya saja salah satu hal yang bisa dikurangi adalah kebiasaan untuk belanja yang sekarang ini sangat mudah. Selain itu Anda juga dapat untuk lebih memilih menggunakan transportasi umum apabila lebih murah dibandingkan naik kendaraan pribadi.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *