Jangan Buru-buru Ambil Polis Asuransi Jiwa Indonesia, Kenali Dulu 5 Hal Ini!

Membeli asuransi jiwa Indonesia bisa jadi salah satu upaya untuk mengurangi berbagai macam resiko yang mungkin terjadi di masa depan. Faktanya memang tidak semua orang wajib untuk memiliki asuransi jiwa. Paling tidak ada beberapa kalangan yang memang diwajibkan membelinya, diantaranya adalah mereka yang berperan sebagai tulang punggung keluarga, kemudian juga mereka yang bekerja di bidang-bidang pekerjaan dengan resiko yang tinggi, maka setidaknya wajib memiliki asuransi yang satu ini karena kelak akan sangat dibutuhkan.

Hanya saja tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja untuk membelinya, karena sebenarnya setiap orang juga butuh, namun mungkin dengan intensitas yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri perusahaan yang menerbitkan produk asuransi jiwa ini memang sangatlah banyak, tak hanya ada satu atau dua melainkan puluhan, sehingga terkadang bagi yang masih awam juga kesulitan dalam menentukan mana perusahaan terbaik yang mereka akan jadikan sebagai pilihan.

Salah dalam menentukan pilihan sudah pasti resikonya juga besar, mulai dari kerugian karena nilai pertanggungjawaban yang diberikan tidak sebanding dengan premi yang dibayarkan, sampai dengan resiko kerugian lainnya yaitu uang asuransi sulit sekali untuk diklaim, karena perusahaan yang dipilih tersebut memang tidak terpercaya. Untuk itu maka berikut ini setidaknya ada beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum mengambil polis asuransi jiwa ini, yaitu:

  1. Memahami isi polis, yaitu perjanjian antara kedua belah pihak, perusahaan dan juga tertanggung tersebut. Banyak orang yang kesulitan dalam memahami apa saja yang tertuang dalam polis perjanjian tersebut, sehingga tidak bisa merasakan manfaatnya secara optimal. Itulah mengapa bagi yang masih awam disarankan untuk mengajak seseorang yang sudah berpengalaman untuk memandu Anda jika ingin membeli asuransi tersebut. Sehingga tidak rugi, karena jika ada isi yang tidak sesuai keinginan mana bisa batalkan pembeliannya agar tidak rugi.
  2. Melihat manfaat perlindungan yang diberikan, di dalam polis nantinya akan tertera beberapa macam pasal, termasuk diantaranya adalah yang memberikan manfaat perlindungan kepada tertanggung, seperti diantaranya adalah jumlah uang pertanggungan, jangka waktu pertanggungan yang diberikan, fasilitas rawat inap, prosedur pengajuan klaim dan sejenisnya. Apakah semuanya akan sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak, karena jika seandainya tidak tentu akan sangat rugi bukan.
  3. Ketentuan terkait dengan premi juga harus dipertimbangkan, bukan hal yang baru lagi jika seandainya premi ini selalu jadi faktor pokok penentu apakah seseorang nanti akan membeli asuransi atau tidak. Besar kecil nilainya memang harus disesuaikan dengan kemampuan, jadi wajib tahu berapa besar setidaknya nilai premi yang harus dibayarkan disesuaikan juga dengan jangka waktu pembayarannya tersebut, karena faktanya semakin lama produktivitas seseorang juga kian turun.
  4. Pahami juga ada saja yang dikecualikan dalam asuransi tersebut, mungkin banyak diantara Anda yang sudah tahu ada beberapa orang yang mengajukan klaim asuransi jiwa namun ditolak, karena apa yang terjadi tidak sesuatu dengan isi polis atau termasuk hal yang dikecualikan dalam polis yang sebelumnya sudah diketahui antara kedua belah pihak.
  5. Pemotongan biaya, faktanya tidak semua uang premi yang sudah dibayarkan nantinya akan utuh diberikan saat ajukan klaim, mengingat faktanya ada beberapa pemotongan biaya yang akan dikenakan kepada nasabah layaknya biaya pemeliharaan, biaya administrasi bulanan, biaya pertanggungan dasar dan yang lainnya.

Itulah beberapa hal penting terkait dengan polis asuransi jiwa Indonesia yang harus Anda ketahui sebelum membeli.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *