Salah dalam Membeli Asuransi Jiwa Terbaik? Waspadai 4 Resiko Ini!

Tabungan saja terkadang memang tidak cukup untuk mempersiapkan gejolak keuangan yang mungkin terjadi di masa depan. Untuk itulah beberapa orang juga memutuskan untuk membeli produk asuransi, karena secara efektif dalam melindungi keluarga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Diantaranya adalah resiko terjadi kebangkrutan usaha, kemudian juga faktor kondisi kesehatan dan mahalnya biaya berobat sampai dengan kematian yang tidak terduga. Beberapa orang memang mulai melirik keberadaan asuransi jiwa terbaik selain asuransi kesehatan sebagai salah satu upaya untuk mengelola keuangan mereka.

Tidak bisa dipungkiri memang jika seandainya di Indonesia ini sendiri ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan produk asuransi ini, bahkan dalam berbagai macam jenis, asuransi kesehatan memang jadi pegangan wajib bagi siapa saja, karena setiap orang pasti akan terkena sakit dan butuh biaya berobat. Namun selain itu ada yang tidak kalah penting lagi, yaitu asuransi jiwa untuk perlindungan diri dan juga keluarga tercinta dari resiko kematian yang bisa terjadi kapan saja dan pastinya akan membuat mereka merasakan gejolak finansial setelahnya.

Hendaknya calon nasabah juga harus berhati-hati di dalam membeli produk asuransi jiwa tersebut. Mengingat meskipun pada dasarnya banyak diantara perusahaan yang menawarkan dengan premi murah dan sebagainya, namun jika salah dalam memilih pastinya akan memberikan beberapa macam kerugian ini, diantaranya adalah:

  1. Tidak bisa rutin membayar preminya sehingga kondisi polis asuransi juga tidak aktif, banyak orang yang merasa sanggup menyisihkan sebagian uang mereka tiap bulannya untuk kebutuhan membeli asuransi. Namun ternyata karena perhitungan keuangan tidak dilakukan secara matang sebelumnya, maka tidak bisa melakukan hal tersebut. Tidak rutin dalam membayar premi ini berakibat pada dinonaktifkannya polis asuransi tersebut. Sehingga saat dibutuhkan uang premi sebagian sudah masuk, namun tidak dapat diklaim, tentunya rugi bukan.
  2. Bayar premi dalam jumlah besar, namun uang pertanggungan yang diterima tidak seberapa, mungkin banyak pula yang sudah pernah merasakan kondisi semacam ini. dimana setiap bulannya mereka sudah sangat aktif di dalam membayar uang premi yang mahal, namun pada akhirnya uang pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut kecil. Faktor penyebabnya sangat banyak, diantaranya adalah pemilihan produk yang salah, misalnya adalah lebih fokus dengan investasinya, bukan proteksinya, atau tidak membaca ketentuan yang tertuang dalam polis secara jelas.
  3. Perusahaan asuransi bangkrut sehingga tidak bisa mengembalikan uang nasabah, inilah mengapa sangat penting sebenarnya bagi Anda untuk membeli produk asuransi dari perusahaan yang tepat, bukan asal pilih saja, karena kondisi kesehatan keuangan perubahan tersebut sangat mempengaruhi keamanan uang nasabah yang disimpan. Jika seandainya perusahaan tersebut collapse tanpa adanya perlindungan dari lembaga penjamin pinjaman, sudah pasti uang juga hangus atau raib.
  4. Kesulitan dalam mengajukan klaim, kondisi semacam ini agaknya memang yang paling sering dialami oleh masyarakat, dimana pada saat membutuhkan kesulitan di dalam mengajukan klaim, padahal di beberapa jenis asuransi jiwa diberikan jangka waktu pengajuan klaim atau jika tidak uang akan hangus.

Untuk itu jangan asal beli sebelum ada persiapan dana yang pas dan juga belum mendapatkan perusahaan yang benar-benar terpercaya. Belilah asuransi jiwa terbaik dari perusahaan yang sudah jelas kredibilitasnya dan memiliki reputasi yang baik. Tak hanya asuransi jiwa, melainkan Anda juga bisa membeli produk asuransi penting lainnya seperti asuransi kesehatan.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *