6 Hal Ini Ternyata Sering Kali Membuat Pengajuan Klaim Asuransi Jiwa Ditolak

Asuransi jiwa pada dasarnya adalah produk asuransi yang secara khusus digunakan untuk melindungi diri sendiri dan juga keluarga tercinta jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Mulai diantaranya adalah resiko kematian, kecelakaan hingga cacat. Mereka yang memiliki pekerjaan dengan resiko yang tinggi, kemudian juga sebagai satu-satunya tulang punggung keluarga hendaknya mempertimbangkan untuk membuat jenis asuransi yang satu ini. paling tidak jika terjadi resiko-resiko yang diinginkan entah itu diri sendiri ataupun keluarga tercinta bisa mendapatkan uang pertanggungjawaban.

Hanya saja ternyata untuk mengajukan klaim asuransi jiwa ini tidak semudah yang dibayangkan, banyak orang yang pengajuannya ditolak. Wajib tahu sebenarnya faktor apa saja yang bisa menyebabkan pengajuan klaim asuransi ini ditolak, diantaranya adalah:

  1. Lapse, atau istilah lainnya adalah polis asuransi Anda sedang tidak aktif, ada beberapa faktor yang memicu polis tidak aktif, diantaranya adalah tertanggung memang tidak membayarkan uang asuransi melebihi jangka waktu yang sudah ditentukan.
  2. Klaim yang ditujukan tersebut tidak termasuk dalam klausal yang ada, misalnya adalah penyebab kematian disebabkan oleh bunuh diri, dibunuh ataupun dihukum karena melanggar aturan negara, sudah pasti tidak akan bisa mencairkan uang asuransi.
  3. Pengajuan klaim asuransi tersebut melebihi jangka waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan, sehingga uangnya tidak bisa cair.
  4. Dokumen yang digunakan untuk pengajuan klaim tersebut tidak lengkap, untuk masalah yang satu ini biasanya masih bisa melengkapi dokumennya terlebih dahulu sebelum mengajukan kembali.
  5. Waiting period atau sedang berada di dalam masa tunggu.
  6. Melakukan kejahatan yang berhubungan dengan asuransi.

Atas alasan tersebut terkadang klaim asuransi tidak bisa dicairkan. Atau bisa juga memang karena perusahaan asuransi yang menjalin kerjasama dengan Anda tidak terpercaya, sehingga ada saja alasan untuk menolak pengajuan klaim asuransi jiwa tersebut. Wajib hati-hati karena hal semacam ini juga sering kali terjadi, untuk itu hanya membeli asuransi dari perusahaan yang kredibel atau sudah terpercaya, seperti diantaranya adalah Asuransi Astra.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *