Berikut 2 Hal yang Menyebabkan Polis Asuransi Jiwa Tidak Aktif

Banyak orang yang sudah mulai sadar akan perlindungan atau proteksi terhadap dirinya sedini mungkin, sehingga mulai membeli produk asuransi jiwa. Asuransi yang satu ini sebenarnya tak kalah penting dibandingkan dengan asuransi kesehatan, hanya saja sering kali dipandang sebelah mata mengingat banyak yang merasa masih muda, sehingga menunda-nunda untuk membeli asuransi tersebut. Padahal sebenarnya tidak ada yang tahu kapan ajal akan menjemput bukan.

Sehingga tidak ada salahnya jika mulai membeli produk asuransi sekarang juga. Namun juga harus ada komitmen setelah membelinya, yaitu rutin di dalam membayar premi asuransi yang dikenakan kepada tertanggung setiap bulannya. Atau jika tidak saat saja, nantinya klaim tidak akan disetujui karena polis asuransi tersebut tidak aktif. Lalu sebenarnya apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan polis asuransi jiwa ini menjadi tidak aktif. Berikut yang harus diketahui, yaitu:

  1. Pembayaran premi yang melewati masa tenggang, Anda yang memiliki kebiasaan dalam menunda-nunda membayar premi asuransi tersebut, sebaiknya pikirkan lagi jika ingin membelinya, karena takutnya ketika sudah dibayar selama beberapa bulan, untuk bulan selanjutnya tidak dibayar lagi tentunya sama saja bukan. Hal ini menyebabkan polis asuransi menjadi tidak aktif sehingga nantinya pemilik tidak akan bisa mengajukan klaimnya. Setiap perusahaan memberikan tenggang waktu pembayaran berbeda-beda, maksimal hingga 45 hari.
  2. Nilai tunai asuransi tersebut tidak cukup untuk menutupi biaya asuransi, ini jika seandainya asuransi yang dipilih jenisnya adalah unitlink atau yang disertai dengan produk investasi di dalamnya. Memang benar jika seandainya untuk jenis yang satu ini premi yang harus dibayarkan memang agak lebih besar dibandingkan dengan premi asuransi murni. Sehingga jika pembayarannya kurang akan menganggu kinerja investasi dan sudah pasti perusahaan akan menonaktifkan polis.

Saat polis asuransi Anda tidak aktif, pastinya tidak akan bisa mengajukan klaim bukan. Beli asuransi terbaik untuk perlindungan diri dan juga keluarga hanya dari Asuransi Astra, tidak hanya asuransi jiwa saja, melainkan perusahaan yang satu ini juga sediakan berbagai macam produk asuransi yang lainnya lengkap.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *