Inilah Keuntungan dan Kerugian Membeli Produk Asuransi Jiwa, Pertimbangkan Dulu Agar Tidak Menyesal

Asuransi merupakan sebuah produk yang diklaim sebagai proteksi. Dimana memang dengan membelinya maka Anda sudah ikut serta di dalam melindungi diri sendiri dari berbagai macam resiko yang akan terjadi di kemudian hari. Sebut saja diantaranya adalah asuransi jiwa. Tentunya Anda sendiri sudah tahu jika seandainya setiap orang pastinya akan mati, namun ada yang nantinya meninggal secara tenang karena sudah tidak harus berpikiran mengenai beban anggota keluarga, namun juga ada yang merasa tidak tenang karena masih memiliki anak yang kecil dan istri juga tidak bekerja.

Atas dasar inilah kemudian beberapa orang memutuskan untuk mendaftar diri pada produk asuransi tersebut. Namun apakah pada dasarnya semua produk asuransi ini memberikan keuntungan? Nyatanya tidak, dibalik kelebihan pastinya ada kelemahan juga. Berikut ini diantaranya plus minus dari asuransi jiwa yang patut diketahui, yaitu.

Keuntungan:

  1. Memberikan ketenangan hati, khususnya adalah pada kepala keluarga atau tulang punggung, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka keluarga tetap bisa melanjutkan hidup dengan uang asuransi.
  2. Sebagai antisipasi terhadap kerugian, tak hanya kematian saja, melainkan kerugian itu sendiri bisa berupa kecelakaan atau bahkan cacat total, dengan adanya uang asuransi pastinya dapat digunakan sebagai langkah antisipasi.
  3. Ada banyak rider yang dapat dirasakan, rider sendiri adalah manfaat tambahan yang diberikan kepada pemegang asuransi tersebut.
  4. Tabungan untuk warisan kepada anak-anak jika seandainya sudah meninggal, karena membeli asuransi sama seperti menabung untuk masa depan, meskipun tidak dirasakan sendiri manfaatnya.

Kerugian:

  1. Ada banyak ketentuan yang diberikan untuk pencairan uang asuransi tersebut, bahkan jika tidak sesuai dengan aturan yang berlaku maka uang tidak dapat diklaim.
  2. Nilai premi yang ditawarkan tergolong mahal, apalagi jika ingin tambahan rider.
  3. Tidak bisa dinikmati oleh diri sendiri, artinya yang menikmatinya adalah ahli waris, kecuali untuk beberapa kategori tertentu, misalnya jangka waktu asuransi memang sudah habis. Padahal ini termasuk produk asuransi jangka panjang.

Beli produk asuransi jiwa kini semakin mudah lewat Asuransi Astra.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *