Ternyata 4 Faktor Ini Bisa Menyebabkan Pengajuan Klaim Polis Asuransi Jiwa Anda Ditolak

Asuransi merupakan sebuah produk keuangan yang berisi tentang kesepakatan antara kedua belah pihak, dimana nantinya mereka menyimpan uang atau membayar premi setiap bulannya untuk kebutuhan proteksi, proteksi ini bisa meliputi harta benda berharga, untuk perlindungan pada kendaraan, kesehatan hingga jiwa. Sehingga ada uang ganti rugi atau tanggung jawab yang diberikan jika nantinya terjadi sesuatu pada tertanggung. Asuransi jiwa termasuk salah satu produk yang sangat populer di samping produk asuransi kesehatan.

Banyak orang yang menganggap jenis asuransi yang satu ini sebagai salah satu langkah untuk mempersiapkan warisan pada anak-anak mereka kedepannya. Karena dengan membayar secara rutin maka, seperti ada sebuah tabungan yang disimpan, dimana nantinya uang tabungan tersebut akan diberikan kepada anak atau istri tertanggung, ketika tertanggung tersebut meninggal dunia. Tentunya dengan melakukan klaim, namun ternyata ada beberapa kondisi yang menyebabkan klaim asuransi jiwa tersebut ditolak, diantaranya adalah:

  1. Meninggal karena bunuh diri, jika seandainya tertanggung tersebut meninggal disebabkan oleh tindak bunuh diri, baik itu dilakukan dalam keadaan sadar atau tidak, maka nantinya perusahaan asuransi tersebut tidak akan membayarkan polisnya, sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat sebelumnya.
  2. Perusahaan asuransi juga berhak untuk menolak pemberian polis, jika seandainya nasabah tersebut telah memberikan informasi yang salah kepada perusahaan asuransi, ketika pengajuan asuransi tersebut.
  3. Jika seandainya tertanggung meninggal disebabkan karena hubungan mati atau putusan pengadilan, yang artinya ia pernah sengaja ataupun tidak melakukan tindak kejahatan. Maka tidak bisa mendapatkan polis asuransi tersebut, klaim secara otomatis akan langsung ditolak.
  4. Jika seandainya tertanggung meninggal dunia karena tindak kejahatan yang dilakukan oleh salah satu pihak untuk mendapatkan manfaat dari asuransi yang dimilikinya, maka secara otomatis juga tidak akan bisa mendapatkan pencairan dananya.

Jadi jika seandainya klaim polis Anda ditolak oleh pihak perusahaan, mungkin bisa jadi salah satu hal di atas adalah penyebabnya. Asuransi jiwa ini memiliki serangkaian aturan dalam perjanjian yang harus dipatuhi oleh kedua belah pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *