Pahami Ketentuan dalam Polis Asuransi Jiwa Berikut Ini Agar Mudah Klaim

Cara Mengklaim Asuransi Jiwa Jika Tertanggung Meninggal Dunia

Ketika seseorang sudah memutuskan untuk menggunakan asuransi jiwa itu berarti harus paham pula isi polis yang telah ditentukan. Karena umumnya ada beberapa hal penting yang harus dipahami Anda sebagai tertanggung. Akan menjadi kerepotan jika ada sengketa yang terjadi dari pembayar premi dan juga perusahaan asuransi. Karena tidak sedikit orang yang mengabaikan mengenai isi dari polis yang diberikan. Jika dilihat dari mata hukum, tentu pembayar akan mempunyai kelemahan jika dibanding dari perusahaannya itu sendiri.

Alih-alih ikut asuransi untuk mendapatkan keuntungan tetapi yang terjadi sebaliknya malah merugi, tentu tidak ingin bukan? Bisa dimengerti memang jika banyak orang yang enggan membaca karena memang ada berlembar-lembar. Tetapi paling tidak Anda pahami beberapa hal penting seperti berikut ini:

  1. Cooling off period.

Anda perlu paham jika setiap pemegang itu mempunyai hak untuk mempelajari polis terlebih dahulu sebelum menerimanya. Umumnya cooling off period diberikan selama 14 hari sejak polis diturunkan dan bisa melakukan pembatalan.

  1. Cek data polis non finansial atau finansial.

Pastikan jika semua data telah sesuai baik itu secara finansial ataupun non finansial, karena hal ini akan bergantung pada proses pengajuan klaim asuransi. Banyak data yang perlu Anda cek mulai dari nama, tempat tinggal, nomer, email, kepemilikan rekening dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Cek manfaatnya.

Pastikan manfaat dari asuransi jiwa yang bakal Anda terima ketika mengalami resiko buruk. Jangan lupa untuk memastikan jika manfaat tersebut sudah tercatat dalam polis dan telah sesuai dengan keinginan.

  1. Besar premi.

Penting sekali juga untuk memperhatikan berapa besar premi yang akan diterima, hal ini umumnya ditentukan berdasarkan jenis kelamin, jenis asuransi, usia, gaya hidup dan beberapa lainnya.

Tidak kalah penting pula dari beberapa hal tentang asuransi jiwa diatas adalah mengetahui apa saja yang menjadi pengecualian. Selain itu akan biaya-biaya tambahan yang dikenakan dalam polis asuransi tersebut dengan baik. Dengan pemahaman yang baik tersebut Anda akan lebih meminimalisir kemungkinan terjadinya masalah ataupun sengketa ketika akan melakukan pengajuan klaim. Yang paling mudah, Anda bisa langsung percayakan perusahaan Asuransi Astra yang sudah terpercaya memberikan keuntungan bagi pemegang dengan baik.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *